SILABUS
Sekolah : MTs DDI Kanang
Kelas/Semester : VIII
(Delapan) / I (Ganjil)
Mata Pelajaran : Seni
Budaya
Standar Kompetensi : SENI RUPA
1. Mengapresiasikan
karya seni rupa
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mengidentifikasi
jenis karya seni rupa terapan Nusantara
|
· Sejarah
seni rupa Indonesia
· Ragam
hias Indonesia
|
· Membaca
buku referensi tentang seni rupa terapan Nusantara
· Melihat
tayangan tentang hasil karya seni terapan Nusantara
· Mengkaji
keragaman jenis bentuk dan fungsi serta makna karya seni rupa Nusantara
|
· Mendiskrpsikan
beragam jenis, bentuk dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan Nusantara
· Mendeskripsikan
beragam jenis, bentuk dan teknik pembuatan dan makna karya seni rupa
Nusantara
|
Tes
|
· Tes
tertulis
· Uraian
|
· Jelaskan
proses berkarya seni rupa terapan Nusantara yang bersifat dua dimensi dan dua
dimensi
· Bandingkan
makna simbolik apa yang terdapat pada bentuk dan warna batik Yogyakarta dan
Surakarta
|
2
x 40 Menit
|
-
Buku referensi
-
Media cetak
-
Media elektronik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
1.2 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan Nusantara
|
· Sejarah
seni rupa
· Unsur-unsur
karya seni rupa
|
· Menuliskan
tanggapan beragam fungsi dan makna seni rupa
· Membuat
kliping tentang hasil karya seni terapan
|
· Mengidentifikasi
ciri-ciri khusus bentuk karya seni rupa terapan nusantara
· Membuat
tanggapan/ pendapat tertulis tentang beragam karya seni Nusantara berdasarkan
latar belakang penciptaan karya
|
Tes
|
· Tes
tertulis
· Uraian
|
· Jelaskan
tentang susunan bentuk seni hias rumah adat di Minangkabau ?
· Buatlah
kliping dan beri penjelasan latar belakang penciptaan berdasar bentuk karya
seni rupa terapan Nusantara
|
|
-
Buku referensi
-
Media cetak
-
Media elektronik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
RUPA
2. Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Merancang
karya seni kriya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
|
· Sejarah
seni rupa Indonesia
· Ragam
hias Indonesia
|
· Membaca
buku referensi tentang seni rupa terapan Nusantara
· Mengkaji
keragaman jenis bentuk dan fungsi serta makna karya seni rupa Nusantara
|
· Mengidentifikasi
karya seni kriya tekstil dari bentuk-bentuk teknik dan corak karya seni rupa
terapan Nusantara
· Membuat
rancangan karya seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara
|
Tes
|
Tes
tertulis
Uraian
Uji
kerja produk
|
· Buat
desain seni kriya tekstil dengan mengambil corak ragam hias daerah Jepara
· Buatlah
benda pakai dengan teknik tenun dengan mengambil unsur-unsur seni rupa
terapan Nusantara
|
2
x 40 Menit
|
-
Buku teks
-
Media cetak
- Media
elektronik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
2.2 Membuat
karya seni kriya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
|
· Pengetahuan
seni kriya tekstil
· Pengetahuan
teknik/ media seni kriya tektilseni
rupa
|
· Mempersentasekan
hasil diskusi
· Membuat
karya seni rupa
|
· Membuat
benda pakai dengan teknik tenun mengambil unsur-unsur seni terapan Nusantara
· Membuat
benda pakai dengan teknik rajut mengambil unsur-unsur seni terapan Nusantara
|
Tes
perbuatan
|
Tes
Uji kerja
|
· Buatlah
benda pakai dengan teknik rajut dengan mengambil unsur-unsur seni rupa
terapan Nusantara
|
2
x 40 Menit
|
-
Buku teks
-
Media cetak
- Media
elektronik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.3 Mengekspresikan
diri melalui karya seni lukis/gambar
|
· Pengertian
ilustrasi
· Unsur-unsur
ilustrasi
· Media
ilustrasi dan sifatnya
|
· Mempersentasekan
hasil diskusi
· Membuat
karya seni rupa
|
· Membuat
sketsa lingkungan sekolah dengan tinta cina
· Membuat
ilustrasi dengan objek lingkungan sekolah
|
Tes
perbuatan
|
Tes
Uji unjuk kerja
|
· Buatlah
gambar sketsa tema objek lingkungan sekolah dengan media tinta cina
· Buatlah
lukisan pemandangan di sekitar sekolah dengan media cat air
|
2
x 40 Menit
|
-
Buku teks
-
Media cetak
- Media
elektronik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
MUSIK
3.
Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Mengidentifikasi
jenis lagu Nusantara
|
· Lagu
Nusantara
|
· Mendengarkan
jenis lagu etnik Nusantara
|
· Menentukan
jenis lagu yang diperdengarkan
|
Tes
|
Uraian
|
1.
Sebutkan 5 judul
lagu dari daerah nusantara
2.
Sebutkan perbedaan
lagu ciri-ciri etnik dari :
a.
Betawi
b.
Jawa Tengah
c.
Jawa Barat
3.
Sebutkan fungsi
sosial dari Lagu etnik daerah :
a.
Sulawesi
b.
Sumatra
c.
Jawa
4.
Tuliskan pendapatmu
mengenai makna lagu etnik di Nusantara
|
2
x 40 Menit
|
· Lagu-lagu
nusantara
· Notebook
· Buku
teks
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
MUSIK
4.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Mengaransir
secara sederhana llagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
|
· Lagu-lagu
etnik Nusantara
|
· Menuliskan
pola irama, nada, dinamika lagu etnik Nusantara
· Menuliskan
jenis-jenis pola irama, untuk mengiringi lagu etnik Nusantara
|
· Mengaransir
lagu etnik Nusantara secara sederhana
|
Unjuk
kerja
|
Tes
identifikasi
|
1.
Tuliskan hasil
aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
2.
Tampilkan hasil
aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber bunyi) yang dipilih
|
2
X 40 Menit
|
Lagu-lagu nusantara
CD Lagu
Buku teks
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
4.2 Menampilkan
hasil aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel
|
· Lagu-lagu
etnik Nusantara
|
· Menggabungkan
elemen-elemen musik melalui alat musik (sumber bunyi)
|
· Memainkan
sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dengan menggunakan alat
musik/ sumber bunyi yang ada
|
Unjuk
kerja
|
Tes
identifikasi
|
1. Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang
siap ditampilkan
2. Tampilkan hasil aransemen lagu etnik
dengan alat musik (sumber bunyi) yang dipilih
|
2
X 40 Menit
|
Lagu-lagu nusantara
CD Lagu
Buku teks
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
TARI
5.
Mengapresiasikan karya seni tari
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Mengidentifikasi
jenis karya seni tari tunggal Nusantara
|
· Seni
pertunjukan tari tempat tinggal siswa
|
· Menonton
beberapa pertunjukan tari tunggal yang berbeda
· Bertanya
jawab tentang nama-nama seni tari yang ditonton
· Mendiskusikan
ciri-ciri khas tari yang ditonton
· Menulis
keunikan/ keindahan tari yang ditonton
|
· Menentukan
nama tari tunggal Nusantara
· Mengidentifikasi
ciri-ciri khas tari dari beberapa daerah di Nusantara
|
Tes
tulis
|
Tes
uraian
Penugasan
|
Jelaskan dengan singkat
1.
Nama seni tari
berdasarkan gambar yang disajikan
2.
Ciri-ciri dari
tarian tersebut
|
2
x 40 Menit
|
Bukut teks
Rekaman audio visual pertunjukan tari
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
5.2 Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal Nusantara
|
· Seni
pertunjukan tari tempat tinggal siswa
|
· Bertanya
jawab tentang pesan tari yang ditonton
· Mempersentasikan
tentang pertunjukan tari tunggal nusantara
· Menulis
pendapat pribadi tentang pertunjukan tari yang ditonton
|
· Menuliskan
keunikan/ keindahan dan pesan dari pertunjukan tari yang ditonton
|
Tes
tulis
|
Tes
uraian
Penugasan
|
3. Sebutkan
keunikan dan keindahan tarian serta pesan yang tersirat dalam tarian tersebut
|
2
x 40 Menit
|
Bukut teks
Rekaman audio visual pertunjukan tari
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
TARI
6.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Mengesplorasi
pola lantai gerak tari tunggal Nusantara
|
· Seni
pertunjukan tari tempat tinggal siswa
|
· Mencari
pola lantai yang sesuai untuk ragam gerak tari nusantara
|
· Menyusun
pola lantai yang sesuai berdasarkan tari Nusantara
· Menarikan
tari Nusantara dengan iringan musiknya
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji
kerja prosedur dan produk
|
· Carilah
pola lantai yang sesuai untuk ragam gerak tari nusantara yang telah kalian
pelajari
· Siapkan
latihan untuk pementasan
|
2
x 40 Menit
|
Rekaman audio visual pertunjukan tari
Guru tari
Penata tari/ penari etnik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
6.2 Memeragakan
tari tunggal Nusantara
|
· Seni
pertunjukan tari tempat tinggal siswa
|
· Melakukan
gerak tari tunggal nusantara sesuai dengan urutan-urutannya dan musik
pengiringnya
|
· Menarikan
tari tunggal dengan iringan musik berikut pola lantainya.
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji
kerja prosedur dan produk
|
Tunjukkan
hasil latihan tari yanhg telah dipelajari
|
2
x 40 Menit
|
Rekaman audio visual pertunjukan tari
Guru tari
Penata tari/ penari etnik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
TEATER
7.
Mengapresiasi karya seni teater
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Mengidentifikasi
jenis karya seni teater Nusantara
|
· Seni
pertunjukan teater tempat tinggal peserta didik
|
· Menonton
pertunjukan teater
· Bertanya
jawab tentang nama-nama seni teater yang ditonton
· Mendiskusikan
ciri-ciri khas teater yang ditonton
· Menulis
keunikan/ keindahan teater yang
ditonton
|
· Menyebutkan
beragam pertunjukan seni teater Nusantara
· Menunjukkan
beragam ciri khas teater dari beberapa daerah Nusantara
|
Tes
|
· Tes
tertulis
· Uraian
|
1.
Sebutkan 3
pertujukan teater nusantara yang kamu kenal
2.
Jelaskan dengan
singkat ciri khas teater yang berasal dari .... (daerah di Nusantara)
|
2
x 40 Menit
|
Buku teks
Pertunukan teater
Audio visual
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
7.2 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
|
Seni
pertunjukan teater tempat tinggal peserta didik
|
· Bertanya
jawab tentang pesan teater i yang ditonton
· Mengemukakan
pendapat tentang pertunjukan teater
· Menulis
pendapat pribadi tentang pertunjukan teater yang ditonton
|
· Mengidentifikasi
teater yang ditonton berdasarkan unsur-unsurnya
· Menyimpulkan
unsur-unsur pokok dalam teater
· Memberikan
penilaian terhadap keunikan/ keindahan dan pesan moral seni teater Nusantara
|
Tes
|
· Tes
tertulis
· Uraian
|
3.
Apakah yang dimaksud
dengan unsur-unsur teater
4.
Tuliskan keunikan
dari teater yang kamu tonton
|
2
x 40 Menit
|
Buku teks
Pertunukan teater
Audio visual
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
TEATER
8.
Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Mengeksplorasi
teknik olah tubuh, olah pikir, dan
olah suara
8.2 Merancang
pertunjukan teater Nusantara
|
Teater
Nusantara
|
· Latihan
teknik dasar olah tubuh, olah fikir dan olah suara
· Pembagian
peran sesuai tema
· Merancang
dekorasi panggung dan pementasan
|
· Menemukan
teknik lanjutan olah tubuh, suara dan olah pikir
· Merencanakan
memper-siapkan karya teater Nusantara
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji
kerja prosedur dan produk
|
· Carilah
teknik lanjutan untuk :
a. Olah
tubuh
b. Olah
pikir
c. Olah
suara
· Susunlah
sebuah rencana pertunjukan teater daerah setempat
·
|
2
x 40 Menit
|
Buku pedoman latihan teknik dasar
Naskah teater/ drama
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
8.3 Menerapkan
prinsip kerjasama dalam berteater
8.3 Menggelar
pertunjukan teater Nusantara
|
Teater
Nusantara
|
· Latihan
bersama
· Melaksanakan
pergelaran/pertunjukan teater
|
· Mengadakan
latihan teater bersama
· Mempergelarkan
peran/karakter tertentu secara sederhana
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji
kerja prosedur dan produk
|
· Lakukan
latihan bersama
· Tampilkan
karya yang sudah dilatihkan didepan kelas/sekolah
|
2
x 40 Menit
|
Buku pedoman latihan teknik dasar
Naskah teater/ drama
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Mengetahui,
Kepala MTs DDI Kanang
M. SALEH, S.Pd.I
NIP : 19661231 200701 104
|
|
Kanang, ...................................
Guru Mata Pelajaran
HUSAIN ISHAK, S.Ag
NIP : 19761013 200710 1 002
|
SILABUS
Sekolah : MTs DDI Kanang
Kelas/Semester : VIII
(Delapan) / II (Genap)
Mata Pelajaran : Seni
Budaya
Standar Kompetensi : SENI RUPA
9. Mengapresiasi
Karya Seni Rupa
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1 Mengidentifikasi
jenis karya seni rupa terapan Nusantara
|
Sejarah
seni rupa Indonesia
|
· Membaca
buku referensi
· Melihat
hasil karya seni rupa terapan secara langsung
· Mengkaji
ciri-ciri dan latar belakang penciptaan karya seni rupa terapan Nusantara
|
· Mengidentifikasi
ciri-ciri khusus pada bentuk karya seni rupa terapan Nusantara
· Mendeskripsikan
pandangan-pandangan yang membelatarbelakangi panciptaan karya seni rupa
terapan Nusantara
|
Tes
|
Tes
Lisan
Tes
tertulis
|
· Terangkan
ciri-ciri khusus karya seni rupa terapan NTB
· Jelaskan
keyakinan apa yang melatar belakangi pembuatan karya seni rupa terapan di
daerahmu ?
|
2
x 40 Menit
|
Buku
teks
Media
cetak
Media
elektronik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
9.2 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan Nusantara
|
· Sejarah
seni rupa Indonesia
|
· Mempersentasikan
hasil kajian karya seni rupa terapan Nusantara
· Melihat
hasil karya seni rupa terapan Nusantara
|
· Membuat
ulasan tertulis tentang keunikan gagasan karya seni rupa terapan Nusantara
· Membuat
tanggapan/ pendapat tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik tiga dimensi
karya seni rupa terapan nusantara
|
Tes
|
Tes
Lisan
Tes
tertulis
|
· Buatlah
ulasan tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik 2 dimensi karya seni rupa
terapan Nusantara
· Buatlah
ulasan tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik 3 dimensi karya seni rupa
terapan Nusantara
|
2
x 40 Menit
|
Buku
teks
Media
cetak
Media
elektronik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI RUPA
10. Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.1 Membuat
karya seni kriya tekstil dengan teknik dan dan corak seni rupa terapan
Nusantara
|
· Pengetahuan
tentang teknik-teknik pembuatan benda hias
· Teknik
dan cara pembuatan seni rupa terapan Nusantara
|
· Membuat
karya seni rupa benda hias dengan teknik celup rintang
|
· Membuat
benda pakai dan atau benda hias dengan teknik celup-rintang (batik jumputan
atau tutup celup) dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara
|
Tes
Tes
unjuk kerja
|
Tes
Lisan
Tes
tertulis
Uji
kerja prosedur
|
· Buatlah
benda hias dengan teknik cetak tinggi dengan mengambil unsur-unsur ornamen
tradisi seni rupa terapan Nusantara
|
2
x 40 Menit
|
Buku
teks
Media
cetak
Media
elektronik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
10.2 Mengekspresi-kan diri melalui karya
seni grafis
|
· Teknik
pembuatan sablon
|
· Membuat
karya seni rupa benda pakai dengan teknik sablon
· Membaca
referesi tentang pembuatan grafis cetak tinggi
|
· Membuat
benda-benda hias dengan teknik cetak tinggi dengan mengambil unsur-unsur seni
rupa Nusantara
·
|
Tes
Tes
unjuk kerja
|
Tes
Lisan
Tes
tertulis
Uji
kerja prosedur
|
· Jelaskan
keyakinan apa yang melatar belakangi pembuatan karya seni rupa terapan di
daerahmu?
|
2
x 40 Menit
|
Buku
teks
Media
cetak
Media
elektronik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.3 Menyiapkan
karya seni rupa hasik karya sendiri untuk pameran kelas arau sekolah
|
· Pengetahuan
tentang seni grafis
· Pengetahuan
tentang teknik pembuatan karya grafis
|
· Membaca
referesi tentang pembuatan grafis cetak tinggi
· Membuat
rancangan pembuatan karya seni grafik cetak tinggi
· Membuat
karya seni grafis
· Membuat
rancangan pameran karya sendiri di kelas
|
· Membuat benda benda pakai dengan teknik cetak
tinggi dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara
· Membuat
rancangan pameran meliputi jadwal, tempat, perlengkapan dan jumlah hasil
karya sendiri
|
Tes
Tes
unjuk kerja
|
Tes
Lisan
Tes
tertulis
Uji
kerja prosedur
|
· Buatlah
benda hias dengan teknik cetak tinggi dengan mengambil unsur-unsur ornamen
tradisi seni rupa terapan Nusantara
· Buatlah
benda pakai dengan teknik cetak tinggi dengan mengambil unsur-unsur ornamen
tradisi seni rupa tarapan Nusantara
· Buatlah
proposal pameran hasil karya seni rupa di sekolah
|
2
x 40 Menit
|
Buku
teks
Media
cetak
Media
elektronik
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
MUSIK
11. Mengapresiasi
karya seni musik
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
11.1 Mengidentifikasi
ragam jenis musik daerah
|
Tanggapan
tentang karya musik Nusantara
|
· Membaca
referensi tentang musik daerah setempat /nusantara
· Mendengarkan
beberapa karya musik daerah setempat /nusantara
|
· Mengidentifikasi
beragam lagu dan karya musik sesuai dengan fungsinya
|
Tes
|
Tes
Tulis
|
·
Sebutkan 3 judul
lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya
·
Berikan tanggapan
tentang unsur musik yang diperdengrkan
|
2
x 40 Menit
|
Buku
teks
CD
Lagu
Lagu-lagu
daerah setempat
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
11.2 Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
|
· Tanggapan
tentang karya musik Nusantara
|
· Menulis
penilaian tentang fungsi dan makna karya musik daerah setempat /nusantara
yang diperdengarkan
|
· Menjelaskan
secara lisan dan tertulis tentang karya musik sesuai dengan kehidupan
masyarakatnya
· Menyebutkan
unsur keuniakan musik daerah setempat
|
Tes
|
Tes
Tulis
|
Sebutkan
keunikan dan ciri musik etnik daerah setempat
|
2
x 40 Menit
|
Buku
teks
CD
Lagu
Lagu-lagu
daerah setempat
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
MUSIK
12.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
12.1 Mengaransir
secara sederhana karya lagu daerah setempat
|
Aransemen
sederhana lagu daerah setempat
|
· Mendengarkan
lagu etnik daerah setempat/nusantara
· Membaca
notasi/karya musik daerah setempat/nusantara
|
· Menjelaskan
prosedur mengaransir musik
|
Tes
unjuk kerja
|
Tes
Identifikasi
|
· Tirukan
nada, irama dan dinamika lagu yang diperdengarkan
|
2
x 40 Menit
|
Lagu-lagu
daerah setempat
Buku
teks
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
12.2 Menyajikan
karya seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas
|
· Aransemen
sederhana lagu daerah setempat
|
· Menuliskan
pola irama lagu daerah setempat/nusantara
· Mengaransir
secara sederhana lagu daerah setempat
· Menyajikan
hasil aransemen secara sederhana baik perorangan maupun berkelompok
|
· Mengaransir
secara sederhana karya lagu daerah setempat
· Membuat
perencanaan pengelaran
· Menyanyikan
lagu daerah setempat dengan aransemen sederhana
|
Tes
unjuk kerja
|
Tes
Identifikasi
|
· Tuliskan
hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
· Tampilkan
hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber suara) yang dipilih
|
2
x 40 Menit
|
Lagu-lagu
daerah setempat
Buku
teks
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
TARI
13.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
13.1 Mengidentifikasi
jenis karya seni tari berpasangan atau kelompok Nusantara
|
|
·
|
·
|
Tes
unjuk kerja
|
Tes
Identifikasi
|
·
|
2
x 40 Menit
|
Lagu-lagu
daerah setempat
Buku
teks
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
13.2 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari berpasangan nusantara
|
·
|
·
|
·
|
Tes
unjuk kerja
|
Tes
Identifikasi
|
·
|
2
x 40 Menit
|
Lagu-lagu
daerah setempat
Buku
teks
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi : SENI
TARI
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni
tari.
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
14.1 Mengeksplora- si pola lantai gerak tari
berpasangan/ kelompok Nusantara
|
·
Beragam Bentuk Penyajian tari daerah berpasangan/kelompok daerah
Nusantara
|
· Menyaksikan karya tari daerah berpasangan/kelompok
daerah setempat
· Mencari pola lantai dan melakukan uji coba pola lantai
untuk tari daerah berpasangan.
·
Menuliskan pola lantai tari Nusantara berpasangan/kelompok
·
Memperagakan pola lantai tari
Nusantara berpasangan / kelompok
|
· Mendiskusikan hasil penemuan pola lantai berpasangan/
berkelompok
· Melakukan uji coba penemuan pola lantai
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
·
Lakukanlah eksplorasi pola lantai untuk tari nusantara berpasangan /
kelompok
|
2 X 40 Menit
|
Media Elektronik
Guru tari
Media
Gerak
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
14.2 Menyiapkan pementasan tari berpasangan/ kelompok
Nusantara
|
· Seni Pertunjukan Indonesia
· Manajemen Tari
|
·
Membuat perencanaan pergelaran tari berpasangan/kelompok di dalam
kelas/sekolah
·
Menyusun program dan kepanitiaan pergelaran tari
|
· Merencanakan penampilan tari dalam kelas/ sekolah
secara berpasangan / kelompok.
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
·
Buatlah perencaan penampilan secara kelompok untuk menyajikan tari
berpasangan/ berkelompok dalam kelas.
|
2 X 40 Menit
|
Media Elektronik
Guru tari
Media
Gerak
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
14.3
Mementaskan tari berpasangan/ kelompok Nusantara
|
· Produksi tari
|
·
Menyajikan tari berpasangan/kelompok di dalam kelas/sekolah
|
· Menampilakan karya tari dengan tata rias, properti dan busana sesuai dengan iringan.
|
|
|
·
Tampilkan tari daerah nusantara secara berpasangan/berkelompok dengan
menggunkan tata rias, busana serta
properti
|
2 X 40 Menit
|
Media Elektronik
Guru tari
Media
Gerak
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi
: SENI TEATER
15. Mengapresiasi
karya seni teater.
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
15.1 Mengidentifikasi
jenis karya seni teater Nusantara
|
Seni pertunjukan teater Nusantara
|
·
Mengamati drama /teater daerah tertentu melaui TV/ Video
·
Mendiskusikan tentang teater
Nusantara yang disaksikan
|
· Menunjukan unsur tema, isi dan struktur cerita untuk
lakon drama.
· Menyebutkan peran penyutradaraan dalam menciptakan
struktur penyajian teater.
|
Tes tertulis
|
Tes Uraian
|
·
Apakah yang dimaksud dengan :
a.
tema
b.
isi
c.
Struktur cerita dari teater yang ditonton
·
Sebutkan peran sutradara dalam menciptakan struktur penyajian teater
|
2 x 40 Menit
|
Media elektronik
Media cetak
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
15.2 Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
setempat
|
Seni pertunjukan teater Nusantara
|
·
Bertanya jawab tentang unsur-unsur teater
Nusantara yang disaksikan
·
menyampaikan pendapat tentang teater Nusantara yang ditonton
·
menyimpulkan isi ceita teater yang ditonton
|
· Menentukan unsur-unsur dramatis dalm lakon yang disusun
· Menyebutkan hal-hal positif yang dapat dijadikan contoh
kehidupan dari keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
|
Tes tertulis
|
Tes Uraian
|
·
Tentukanlah 2 unsur dramatis dalam lakon drama
·
Sebutkanlah 2 hal positif yang dapat dijadikan contoh kehidupan dari
keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
|
2 x 40 Menit
|
Media elektronik
Media cetak
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Standar Kompetensi
: SENI
TEATER
16.Mengekspresikan
diri melalui karya seni teater.
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
16.1
Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
|
Seni pertunjukan teater Nusantara
|
·
Latihan teknik dasar olah tubuh, olah fikir dan olah suara
|
· Melakukan teknik lanjutan olah tubuh, olah pikir dan
olah suara
|
Tes praktik/ kinerja
|
Tes simulasi
Tes uji petik kerja
|
· Lakukanlah latihan teknik lanjutan untuk:
a.olah tubuh
b.olah pikir
c. olah suara
|
2 x 40 Menit
|
- Pertunjukkan teater
- Media massa
- buku teks
|
16.2 Merancang
pertunjukan teater Nusantara
|
Seni pertunjukan teater Nusantara
|
·
Memilih lakon/cerita sederhana yang sesuai
|
· Menetukan lakon/cerita sederhana yang sesuai
|
Tes praktik/ kinerja
|
Tes simulasi
Tes uji petik kerja
|
· Susunlah sebuah rencana pertunjukan teater
|
2 x 40 Menit
|
- Pertunjukkan teater
- Media massa
- buku teks
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
|||
16.3 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
|
Seni pertunjukan teater Nusantara
|
·
Pembagian peran sesuai tema
|
· Menyusun sebuah rencana pertunjukan teater Nusantara
· Menentukan pilihan peran (casting) sesuai lakon yang dipilih
|
Tes praktik/ kinerja
|
Tes simulasi
Tes uji petik kerja
|
· Jelaskan bagaimana menentukan lakon/cerita sederhana
yang sesuai
|
2 x 40 Menit
|
- Pertunjukkan teater
- Media massa
- buku teks
|
16.4 Menyiapkan pertunjukan teater
Nusantara di sekolah
|
·
Seni pertunjukan teater Nusantara
|
·
Pembagian peran sesuai tema
·
Latihan lakon/peran
|
· Mengadaptasi karakter sesuai peran yang dipilih
· Melakukan
latihan sesuai lakon/peran
|
Tes praktik/ kinerja
|
Tes simulasi
Tes uji petik kerja
|
· Jelaskan bagaimana menentukan pilihan peran (casting
)
· Lakukan adaptasi karakter sesuai peran
|
2 x 40 Menit
|
- Pertunjukkan teater
- Media massa
- buku teks
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
16.5 Menggelar
pertunjukan teater Nusantara di
sekolah
|
Seni pertunjukan teater Nusantara
|
·
Melaksanakan pergelaran/pertunjukan teater
|
Mempergelarkan secara sederhana permainan peran sesuai konteks cerita
|
Tes praktik/ kinerja
|
Tes simulasi
Tes uji petik kerja
|
· Lakukanlah latihan sesuai lakon peran
· Tampilkanlah karya yang sudah dilatih di pergelaran
teater sekolah
|
2 x 40 Menit
|
- Pertunjukkan teater
- Media massa
- buku teks
|
Karakter
siswa yang diharapkan :
|
||||||||
v Disiplin
v Tekun
|
v Tanggung jawab
v
Ketelitian
|
v
Kerja sama
v Percaya diri
|
v Kecintaan
v Mandiri
|
v Kreatif
|
|
Mengetahui,
Kepala MTs DDI Kanang
M. SALEH, S.Pd.I
NIP : 19661231 200701 104
|
|
Kanang, ...................................
Guru Mata Pelajaran
HUSAIN ISHAK, S.Ag
NIP : 19761013 200710 1 002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar